Inovasi Layanan Admninistrasi Pertanahan Peruahan Hak On Location menurut Etika Pelayanan
Keywords:
Admninistrasi Pertanahan, Etika Pelayanan IslamAbstract
Pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah untuk menciptakan kemakmuran dan keadilan bagi masyarakat berakibat kepada kebutuhan tanah yang semakin meningkat baik untuk keperluan indsutri, sosial ataupun komersial.Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2020 tentang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat dalam bidang pertanahan. Salah satu inovasi layanan pertanahan yang di laksanakan adalah Perubahan Hak On Location yang diberi nama “Gaspol”. Perubahan Hak On Location atau Gaspol merupakan inovasi layanan pertanahan perubahan Hak Atas Tanah dari semula Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik untuk luas tanah kurang dari 600 m² diselesaiknan di lokasi secara langsung dengan waktu penyelesaian selama satu hari. inovasi pelayanan ini sesuai dengan Pelayanan menurut Islam adalah suatu keharusan dalam pelayanan yang pengoperasiannya sesuai dengan prinsip syari’ah. Konsep Pelayanan menurut Islam memiliki 6 prinsip, yaitu Prinsip Tolong Menolong (Ta’awun), Prinsip Memberi Kemudahan (At-taysir), Prinsip Persamaan (Musawah), Prinsip Saling Mencintai (Muhabbah), Prinsip Lemah Lembut (Al-layin), Prinsip Kekeluargaan (Ukhuwah)
References
Alma apriliya Regita, dan Abdul Sadad, Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru: Studi Kasus Pelayanan Melalui sistem Informasi Pertanahan, MINISTRATE; Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, Volume 3. No. 3 November 2021.
Ayu Hanggara Kusumawati, dkk, Inovasi Pelayanan Dinas Badan Pertanahan Nasional Dalam Pendataan Pertanahan Di Kota Batu, Prosiding Simposium Nasional “Tantangan Penyelenggaran Pemerintahan di Era Revolusi Industri, 4.0". Malang: UMM, 9-10 Desember 2019.
Bagus Purnama Lany, dkk, Inovasi Program Pelayanan Sertifikat Tanah (Studi Tentang Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (LARASITA) pada Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No.1, Hal 134-138.
Eliana, Sistem Administrasi Pelayanan Publik Permohonan Hak Atas Tanah Di Kantor Pertanahan, Jurnal Surya Kencana Satu : Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan: Vol. 7 No. 1, Maret 2017.
Ismail Zakaria, Dasar-Dasar Kbijakan Publik Dalam Pemanfaatan Tanah, Jakarta : Sinar Grafika, 2014
Jailani, Pelayanan Publik: Kajian Pendekatan Menurut Perspektif Islam, Jurnal Al-Bayan Vol. 19, No. 27, Januari – Juni 2013.
Lilik Mahmudah dan Meirinawati, Inovasi Pelayanan Publik Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik Melalui Rumah Layanan Pertanahan Terpadu Di Desa Wotan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, PUBLIK: Vol 5 No 1 (2017).
M. I. Suhifatullah, Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Komunikasi Etis Aparatur Sipil Negara, Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 1 No 2 (2019)
Mashur Hasan Bisri dan Bramantyo Tri Asmoro, Etika Pelayanan Publik di Indonesia, Journal of Governance Innovation: Volume 1, Number 1, Maret 2019.
Mifnatul Mukharomah, dan Mei Santi, Etika Pelayanan Usaha Food Court Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Queen Resto Kelurahan Bago Tulungagung), Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah). Vol. 08 No. 01 Juni 2021: 41-66.
Musri, dan Rizki Afri Mulia, Etika Administrasi Publik, Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022
Nopika Sari Aritonang, Efektivitas Pengurusan Pertanahan Berbasis Online Dalam Membantu Kinerja Ppat Melakukan Tugas Jabatannya (Studi Pada Kantor Notaris/Ppat Di Kota Medan), "Tesis" Medan: Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, 2018
Nurhadi, Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah, EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2, No. 2 Halaman 137-150.
Putri Ulya, Dampak Pembangunan Dalam Kebijakan Pemerintah, Jakarta: Sinar Grafika, 2017
Rianandita ‘Arsy Elkesaki, dkk, Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Di Kota Bandung, Jurnal Caraka Prabu Vol.5 No. 1 Juni 2021.
Santoso, Pendaftaran dan Peralihan Hak Atas Tanah. Jakarta: Prenamedia Group, 2019
Sehsa Cantika, dkk, Analisis Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik Padakantor Pertanahan Kota Semarang (Studi Kasus Pelayanan Mandiri Akta Tanah), Journal Of Public Policy And Management Review, Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015.
Siti Nuraeni, Penerapan Etika Administrasi Publik Sebagai Upaya Dalam Mewujudkan Good Governance, JIMIA: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi. Vol. 14 No. 1 (2020).
Yola Amanda Putri, Roni Ekha Putera, dan Wewen Kusumi Rahayu, Inovasi Pelayanan Informasi melalui Aplikasi Sentuh Tanahku pada Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Journal Of Social And Policy Issue - Vol. 2 No. 2 (2022) April- June.
Yusdi Maulana, et al. Tinjauan Nilai-Nilai Etika Pelayanan Islam Terhadap Sistem Pelayanan Pasien di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, Prosiding Keuangan dan Perbankan Syariah Volume 5, No. 1, Tahun 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agus Prasetyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.